Bismillahirrahmanirrahim. ------ Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh ---- Ahlan wa sahlan wa marhaban biqudumikum lana. Selamat datang di blog ini, semoga bisa memperoleh hikmah di dalamnya.----

Rabu, 07 Desember 2011

Wasiat Rasulullah SAW. kepada Ibnu Abbas RA.


Berikut ini adalah hadits Rasulullah SAW kepada Ibnu Abbas RA.
عن ابن عباس قال : أردفنى رسول الله  - صلى الله عليه وسلم -  يوما فأخلف يده وراء ظهره فقال يا غلام ألا أعلمك كلمات احفظ الله يحفظك احفظ الله تجده أمامك جفت الأقلام ورفعت الصحف فإذا سألت فاسأل الله وإذا استعنت فاستعن بالله والذى نفس محمد بيده لو جهدت الأمة على أن يضروك لم يضروك إلا بشىء قد كتبه الله عليك ولو أرادت أن ينفعوك بشئ ما نفعوك إلا بشىء قد كتبه الله لك (ابن عساكر)
Dikutip dari : Maktabah Syamilah, Jami’ al-Ahadits, Bab Abdullah bin Abas, Jus 35, hal. 454, hadits no. 38511

Terjemahan Hadits :
Dari Ibnu Abbas, dia berkata : Suatu hari saya pernah berada dibelakang Rasulullah SAW, dan Beliau Bersabda : hai anak muda, bahwa sanya aku akan mengajarkanmu beberapa pesa sebagai berikut : jagalah (peliharalah) Allah niscaya Allah akan menjagamu, jagalah Allah, nisacaya engkau akan menjumpai-Nya di hadapanmu, Segenap pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering, apabila kamu meminta, mintalah kepada Allah, dan apabila kamu meminta pertolongan, mintalah pertolongan kepada Allah. Demi zat yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya, Ketahuilah, bahwa seandainya suatu umat sepakat untuk memberi manfaat kepadamu dengan sesuatu, mereka tidak dapat memberi manfaat kepadamu, kecuali dengan sesuatu yang telah ditakdirkan oleh Allah atas dirimu. Seandainya mereka sepakat untuk menimpakan bahaya keapdamu, niscaya mereka tidak dapat menimpakan bahaya kepadamu, kecuali dengan sesuatu yang ditakdirkan oleh Allah atas dirimu.

Ada beberapa wasiat Rasulullah SAW yang ada dalam Hadits di atas diantaranya :,
1. Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu;
    Yang dimaksud dengan menjaga Allah disini adalah dengan jalan menjaga ajaran/syari’at-Nya.
2. Apabila kamu meminta maka mintalah kepada Allah;
3. Apabila kamu minta pertolongan maka mintalah pertolongan hanya kepada Allah.

Wallahul Musta'an, Semoga bermanfaat.

1 komentar: