Bismillahirrahmanirrahim. ------ Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh ---- Ahlan wa sahlan wa marhaban biqudumikum lana. Selamat datang di blog ini, semoga bisa memperoleh hikmah di dalamnya.----

Selasa, 29 November 2011

Hari Asyura (Hari ke 10 Bulan Muharam)


Hari Asyura adalah hari ke sepuluh bulan Muharam, bulan pertama dalam penanggalan Hijriyah. Di dalam Islam hari Asyura dipandang sebagai hari yang mempunyai keutamaan karena pada hari tersebut Allah SWT menentukan banyak peristiwa penting yang terjadi di muka bumi ini yang menyangkut pengembangan agama tauhid.

Imam al-gazali dalam bukunya “Mukasyafah al-Qulub al-Muqarrib min ‘Allam al-Guyub”, menyebutkan bahwa pada hari Asyura Tuhan menciptakan arasy, langit, bumi, matahari, bulan, bintang-bintang, dan syurga. Nabi Adam AS diciptakan dan bertobat pada hari itu pula. Pada hari Asyura nabi Idris AS diangkat ke tempat yang tinggi. Pada hari itu pula perahu Nabi Nuh AS merapat di Bukit Judi. Nabi Ibrahim AS dilahirkan di hari Asyura dan dihari itu pula ia diselamatkan dari api unggun. Pada hari Asyura mata Nabi Ya’qub AS disembuhkan kembali dan pada hari itu pula Nabi Yusuf AS dikeluarkan dari penjara. Demikian pula pada hari Asyura Nabi Musa AS bersama pengikutnya mencapai keselamatan, sementara Fir’aun beserta pengikutnya hanyut ditelan gelombang. Pada hari Asyura Nabi Sulaiman AS diberi kerajaan yang besar, pada hari itu pula nabi Yunus AS dikeluarkan dari perut ikan. Pada Hari Asyura nabi Isa AS dilahirkan dan pada hari itu  pula ia diangkat ke langit.

Karena peristiwa-peristiwa tersebut, hari Asyura dipandang sebagai satu hari yang mengandung banyak keutamaan. Oleh karena itu, Nabi SAW menganjurkan umatnya melakukan berbagai perbuatan baik pada hari itu.

Berikut ini beberapa hadits, yang berkenaan dengan hari Asyura :
من وسع على عياله فى يوم عاشوراء وسع الله عليه فى سنته كلها (ابن راهويه ، والحكيم ، والطبرانى فى الأوسط ، والبيهقى فى شعب الإيمان عن أبى سعيد . ابن عدى ، والبيهقى ، وابن حبان فى الضعفاء ، والبيهقى فى شعب الإيمان عن ابن مسعود . والبيهقى فى شعب الإيمان عن جابر . ابن عدى ، والبيهقى فى شعب الإيمان عن أبى هريرة)
Maktabah Syamilah, Kitab Jami’  al- Ahadits, Juz 21 Halaman 495.
Artinya “ Siapa saja  yang melapangkan keluarga dan familinya pada hari Asyura, niscaya Allah melapangkannya sepanjang tahun itu”.
حَدَّثَنِى حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِى يُونُسُ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِى حُمَيْدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَمِعَ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِى سُفْيَانَ خَطِيبًا بِالْمَدِينَةِ - يَعْنِى فِى قَدْمَةٍ قَدِمَهَا - خَطَبَهُمْ يَوْمَ عَاشُورَاءَ فَقَالَ أَيْنَ عُلَمَاؤُكُمْ يَا أَهْلَ الْمَدِينَةِ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ لِهَذَا الْيَوْمِ « هَذَا يَوْمُ عَاشُورَاءَ وَلَمْ يَكْتُبِ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ وَأَنَا صَائِمٌ فَمَنْ أَحَبَّ مِنْكُمْ أَنْ يَصُومَ فَلْيَصُمْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُفْطِرَ فَلْيُفْطِرْ ».
Maktabah Syamilah, Shahih Muslim, Hadits nomor 2709:
Artinya : “Hari ini adalah hari Asyura, tidak diwajibkan kamu melakukan puasa, tetapi saya berpuasa. Siapa saja yang ingin berpuasa, berpuasalah, dan siapa saja yang tidak ingin berpuasa, hendaklah ia berbuka”.
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ - وَاللَّفْظُ لاِبْنِ الْمُثَنَّى - قَالاَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ غَيْلاَنَ بْنِ جَرِيرٍ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِىَّ عَنْ أَبِى قَتَادَةَ الأَنْصَارِىِّ رضى الله عنه أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-... قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ ...
Maktabah Syamilah, Sahih Muslim, Hadits nomor 6804

Artinya : .......Rasulullah ditanya tentang puasa Asyura, beliau bersabda “Puasa Asyura menghapus dosa satu tahun yang lewat”.......

Penulis                                 : Ibrahim Ahmad Harun
Daftar Pustaka :
1.       Ensiklopedi Hukum Islam, Terbitan PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, Jilid I, Halaman 140-141.
2.       Maktabah Syamilah, Kitab Shahih Muslim, Jami’ al-Ahadits, dan Shahih Bukhari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar