Bismillahirrahmanirrahim. ------ Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh ---- Ahlan wa sahlan wa marhaban biqudumikum lana. Selamat datang di blog ini, semoga bisa memperoleh hikmah di dalamnya.----

Senin, 24 Oktober 2011

Khatam Al-Qur'an dan Wisuda ke XI TPQ Ar-Rahman Masohi


Ahad, 23 Oktober 2011 bertepatan dengan tanggal 25 Dzulkaidah 1432 bertempat di Gedung Paguyuban Masohi, dilaksanakan Khatam al-Qur’an dan Wisuda Santri Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) ar-Rahman Masohi. Sebelum acara wisuda para wisudawan diarak mengelilingi Kota Masohi yang diringi grup hadrat. Proses arak-arakan ini mengambil star di halaman gedung TPQ Ar-Rahman Masohi, melewati rute yang telah ditentukan dan kemudian berakhir di Gedung Paguyuban tempat dilangsungkannya acara Khatam Al-Qur’an dan Wisuda.

Nampak Kepala TPQ dan Ibu berada ditengah-tengah para wisudawan

Acara yang dimulai pukul 08.30 ini diawal dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sari tilawah kemudian dilanjutkan dengan acara Khatam al-Qur’an dan kemudian prosesi wisuda. Setelah proseesi wisuda dilanjutkan dengan kesan pesan oleh yang mewakili santriyawan dan santriawati dan kemudian sambutan-sambutan, masing-masing oleh Kepala TPQ Ar-Rahman, Kepala Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah dan terakhir oleh Ketua Yayasan TPQ Ar-Rahman Masohi.
Para wisudawan berfoto di depan gedung TPQ Ar-rahman Masohi dan diapit oleh para Asatidz

Dalam kesan pesannya, yang mewakili santri yang diwisudan menyatakan bahwa sudah menjadi tekad mereka untuk selalu belajar al-Qur’an kemudian akan mengajarkannya kepada orang lain sebagaimana hadits Rasulullah SAW. “Pelajarilah Al-Qur’an dan ajarkanlah Al-Qur’an itu kepada sekalian Manusia. Selain itu para santri mengucapkan banyak terima kasih kepada para Asatidzah TPQ Ar-Rahman yang selama ini telah membimbing mereka hingga saat ini bisa Khatam dan diwisuda, terutama kepada  Ustadz Dailami yang akan pindah tugas ke tempat tugas yang baru.
Nampak salah seorang wisudawan (Siti Mufidah Nadiyatul Hikmah) menerima Ijazah yang diserahkan oleh Kepala TPQ Ar-Rahman Masohi

Kemudian dalam sambutannya Kepala TPQ Ar-Rahman Masohi Drs Dailami yang juga sebagai Hakim Pada Pengadilan Agama Masohi, menyatakan bahwa acara Takhtimul Qur’an dan Wisuda ini merupakan acara Takhtimul Qur,an yang ke XI diikuti oleh 47 orang santriawan dan Santriawati TPQ Ar-Rahman Masohi, lebih lanjut Kepala TPQ Ar-Rahman mengigatkan bahwa acara Khatam dan wisuda ini bukanlah merupakan akhir bagi para santri untuk membaca Al-Qur’an akan tetapi proses ini merupakan langkah awal bagi mereka untuk mengenal dan selalu membaca Al-Qur’an, masih banyak yang perlu dipelajari dari al-Qur,an  oleh karena itu beliau menekankan agar para orang tua selalu mengawasi dan mendorong anak-anaknya untuk selalu membaca dan mempelajari Al-Qur’an, karena Al-Qur’an itu merupakan petunjuk bagi manusia dan juga sebagai petunjuk bagi orang yang bertakwa, Al—Qur’an dapat dijadikan petunjuk kalau kita kenal dengan Al-qur’an, Al-Qur’an dijadikan petunjuk kalau kita selalu membaca, memahami isi al-Qur’an  dan mengamalkan isi Al-Qur,an. Karena kami para ustadz di TPQ hanya mampu mengantarkan mereka untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan para orang tualah yang selalu mengawasi mereka untuk selalu mengaji di Rumah, dalam akhir sambutannya Drs. Dailami memohon maaf kepada para orang tua santri dan seluruh warga kota Masohi jika selama kurang lebih 3 tahun 9 bulan bertugas di Masohi , seandainya selama beliau bertugas di Masohi ; lidah salah bicara , tangan salah memegang, mata salah melihat, hati salah menduga,  dan mohon di do’akan agar tiba dengan selamat di tempat tugas yang baru yaitu di Pengadilan Agama Arga Makmur (Propinsi Bengkulu).
(Foto saat Wisudawan diarak keliling Kota Masohi, yang diiringi oleh Grup Hadrah)

Adapun kepala Kementrian Agama Kabupaten Maluku Tengah dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada TPQ Ar-Rahman yang telah membantu melaksanakan porogram Kementrian Agama khususnya mengenai Baca Tulis Al-Qur’an. Sedangkan Ketua Yayasan TPQ. Ar-Rahman Masohi dalam sambutannya menyampaikan bahwa TPQ Ar-Rahman Masohi sejak didirikan tahun 1989 sudah berusia 22 tahun dan telah melaksanakan khatam dan wisuda sebanyak 11 kali dimana wisuda kali ini merupakan khatam dan wisuda yang ke 11 dimana saat ini jumlah santri kurang lebih 168 orang dan yang mengikuti khatam dan wisuda sebanyak 47 orang sehingga total alumni TPQ. Ar-rahman hingga wisuda ke 11 ini berjumlah 539 orang.



Setelah acara sambutan, kemudian acara dilanjutkan dengan acara pemberian cendra mata kepada al-Ustadz Drs. Dailami dan Ibu, dimana beliau akan meninggalkan Kota Masohi tangal 1 Nopember 2011 dan akan melaksanakan tugas di tempat baru yakni Pengadilan Agama Arga Makmur  di Propinsi Bengkulu, prosesi acara pemberian bingkisan ini diiringi lagu Trimakasihku/ Guruku  yang dinyanyikan oleh para santri, acara ini dihiasi dengan isak tangis para santri bahkan sebagian besar hadirin dan juga kepala TPQ. Ar-Rahman.
Kemudian acara ditutup dengan pembacaan do’a.
(Kiri Foto Siti Mufidah Nadiyatul Hikmah, kanan Siti Mufidah Nadiyatul Hikmah berfoto dengan Orang Tuanya yakni Ibrahim Ahmad Harun dan Isma katili serta adiknya Ahmad Zaky Ramadhan Hunowu)

Sebagai informsi bahwa salah seorang peserta wisuda adalah putri sulung penulis yang bernama Siti Mufidah Nadiyatul Hikmah, yang saat ini duduk di bangku kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Masohi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar